Sejarah
Kesempurnaan Wanita pada Karakter Agung Zainab Kubra
Sayyidah Zainab as tumbuh menjadi wanita muda berperawakan tinggi. Namun mengenai karakter fisik beliau, sedikit yang diketahui. Pada peristiwa Karbala, saat berumur sekitar 50 tahun, beliau terpaksa keluar tanpa memakai cadar. Saat itulah beberapa orang yang melihat beliau mengatakan bahwa beliau bak mentari yang bersinar.
Dalam hal karakter, beliau merefleksikan sifat-sifat terpuji orang-orang yang membesarkannya. Dalam hal ketenangan, beliau seperti Ummul Mukminin Khadijah as, neneknya. Dalam hal kesucian dan kesederhanaan, beliau seperti ibunya, Fathimah Zahra as. Dalam hal kefasihan, beliau seperti ayahnya, Ali bin Abi Thalib as. Dalam ketabahan dan kesabaran, beliau seperti saudaranya, Hasan as. Dan dalam keberanian dan ketenangan hati, beliau seperti saudaranya, Husain as. Sementara, wajah beliau merupakan pancaran pesona ayahnya dan keindahan kakeknya.
Saat pernikahan, beliau dipersunting oleh sepupunya Abdullah bin Ja’far Thayyar dalam sebuah upacara pernikahan yang sederhana. Abdullah dibesarkandalam perawatan Rasulullah saw. Setelah beliau saw wafat, Imam Ali as yang kemudian menjaga dan membimbingnya, hingga ia mencapai usia muda. Ia tumbuh menjadi seorang pemuda tampan dengan tingkah laku yang menyenangkan. Ia pun dikenal ramah terhadap tamu dan dermawan terhadap fakir miskin.
Pasangan muda ini memiliki lima anak, empat lelaki yaitu Ali, Aun, Muhammad, dan Abbas; serta seorang perempuan yaitu Ummu Kultsum. Di Madinah, Zainab as sering mengadakan pertemuan dengan para wanita, di mana beliau membagi pengetahuan dan mengajar tentang aturan-aturan Islam yang terdapat dalam al-Quran. Majelis beliau tak pernah sepi dari pengunjung. Beliau begitu mampu menyampaikan pelajaran secara jelas dan fasih, sehingga beliau pun digelari al-Fashihah dan al-Balighah.
Pada 37 H, Imam Ali as pindah ke Kufah setelah secara de facto terpilih sebagai khalifah. Kepindahan beliau ini juga ditemani Zainab as dan suaminya. Reputasi beliau sebagai guru telah tersebar luas. Karena itu, di mana pun, majelis beliau selalu dipenuhi para wanita, yang ingin mengambil manfaat dari pengetahuan, kearifan, dan kepiawaiannya dalam menyampaikan tafsir al-Quran.
Kedalaman dan kekokohan pengetahuan beliau dilukiskan oleh keponakannya, Imam Ali Zainal Abidin as, bahwa beliau ‘Alimah Ghairu Mu’allamah (berpengetahuan tanpa diberitahu). Zainab as juga memiliki panggilan az-Zahidah dan al-‘Abidah, karena kezuhudan dan ketekunannya dalam beribadah. Beliau tidak pernah tertarik pada kenikmatan duniawi. Sebaliknya, beliau sangat bergairah untuk mengejar kebahagiaan akhirat. Beliau sering berkata bahwa baginya dunia adalah tempat peristirahatan sementara untuk melepas letih dalam perjalanan. Beliau begitu sederhana dan berakhlak tinggi. Perhatian utamanya adalah berupaya keras untuk menyenangkan Allah, yang dalam melakukan itu beliau menghindari segala sesuatu yang meragukan walaupun sangat kecil.
M. Bilgrami, Sayyidah Zainab